Senin, 13 Agustus 2012

Chatting - Etika Chatting


Etika Chatting

Semua sudah tahu kan apa itu yang disebut chating? Secara spesifik chatting itu adalah percakapan berbasis teks antara dua orang atau lebih yang dilakukan di dunia maya atau internet. Belakangan, banyak sekali situs penyedia layanan untuk ngobrol ini, misalnya di facebook, windows live, google talk, yahoo messenger, serta program aplikasi seperti skype, pidgin, ebuddy, empathy, dsb bahkan dilengkapi dengan fitur video.

Diantara anda saat ini mungkin sering menggunakannya sekedar mengisi waktu, bersosialisasi, bersilaturahim, atau salah satunya mungkin maniac chatting atau bahasa planetnya Miss Chatting :D. Tanpa disadari biasanya kebiasaan ini bisa menghabiskan banyak waktu karena keasyikannya, namun apakah anda sadar dengan apa yang anda lakukan? ternyata chatting bukan hanya sekedar ngobrol, namun ada tips dan trik serta etika tersendiri didalamnya, terlebih kita ngobrol dengan orang-orang diluar sana atau yang tidak kita kenal seperti di situs penyedia chatting terkenal diseluruh dunia.

Nah, agar aktivitas kita di dunia chatting ini baik, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa digunakan untuk kita, karena bisa saja anda terjebak oleh kejahatan dunia maya atau ciber crime. Baiklah , kita simak yuk tips berikut ini:
·      Ucapkan salam, baik di awal chating. Misal Assalamaualaikum, atau hai, dsb. Ini menandakan bahwa anda mempunyai etika, dan kemungkinan teman chatting akan senang dengan kehadiran kita.
·      Bersikap atau berkata sopan dengan siapapun lawan chatting kita, kecuali memang dengan orang yang benar2 akrab dan kenal secara fisik sebelumnya misal teman sekolah atau teman sekampung halaman mungkin tidak terlalu masalah.
·      Jangan mengeluarkan kata-kata kotor, jorok, porno atau yang mengandung unsur SARA, ini sangat senitive dan dapat menyinggung dan menyebabkan perpecahan.
·      Berusaha jujur tentang apa yang dibicarakan, kecuali memang menyangkut privasi boleh saja ditutupi untuk kenyamanan kita.
·      Tambahkan emoticon untuk meluapkan emosi wajah, agar menambah hidup obrolan kita.
·      Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname, terlebih anda mengobrol dengan orang yang memang belum anda kenal sebelumnya, akan tetapi gunakanlah nama alias yang baik dan sopan.
·      Jangan memberikan nomor telepon, handphone atau alamat rumah jika memang belum benar-benar kenal dengan teman chatting anda, dan jangan pernah memberikan nomor rekening bank atau nomor rekening lainnya kepada lawan chatting anda, sebelum anda yakin dengan dia orang tersebut, kalau pun yakin tentang orang atau golongan tersebut yang anda ajak chatting, carilah referensi lain mengenainya.
·      Jika lawan chatting anda menanyai anda seperti wartawan, ingin mengetahui biodata anda secara lengkap, sebaiknya tanyailah maksud dan tujuannya, karena dikhawatirkan akan bermaksud yang tidak baik.
·      Jangan membuka terlalu banyak jendela obrolan, dikhawatirkan tidak akan fokus chatting, bisa- saja teman anda jengkel karena tidak fokus. Lebih lagi anda akan salah mengirimkan kata ke teman yang lain.
·      Jika ada teman chating yang ngobrol dengan tema tidak baik, lebih baik jangan dilayani bisa saja anda terjebak kedalam kejelekan.
·      Jangan iseng mengganggu atau bercanda walaupun banyak status teman yang online, siapa tahu teman online kita tidak sedang ingin chatting. Sapalah terlebih dahulu, baca situasinya apakah dia mau diajak untuk mengobrol atau tidak. Mungkin anda sudah bisa mengetahui seperti apa situasinya.
·      Akhiri dengan salam kembali, misalnya assalamualaikum juga, atau bye atau sekedar say hi. Jangan lupa ucapkan terimakasih dan sampai jumpa agar teman chatting anda senang kembali mengobrol dengan anda.
Demikianlah beberapa tips dan etika chatting di internet, mungkin masih banyak yang lainnya yang anda ketahui. Sebelumnya mohon maaf bukan saya mengajari untuk berprasangka buruk (dalam beberapa poin diatas), hanya saja kita perlu waspada dengan situasi dan kondisi pada saat ini, mengingat kejahatan dunia internet (Cybercrime) semakin marak belakangan ini. Jadi sebelum menyesal lebih baik kita waspada dan berpikiran jernih dalam bersosialisasi di dunia maya. Lebih dan kurangnya saya ucapkan terimakasih dan semoga bermanfaat dan selamat ber-chatting ria. :)


0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
saya membuat blog ini untuk sekedar hiburan dan kepentingan sekolah saja . Apabila ada postingan yang kurang berkenan , saya mohon maaf . Agar blog ini berkembang dengan baik , mohon kritik sarannya . Terima kasih
Diberdayakan oleh Blogger.